HARDWARE dan SOFWARE

Kali ini saya akan membahas sesuai judul yang ada di postingan saya ini, yaitu tentang hardware dan software. Bagi masyarakat awam belum tahu apa itu hardware dan software? Nah maka dari itu kalian harus simak postingan saya kali ini! :v


Hardware
Hardware atau disebut juga dengan perangkat keras merupakan komponen komputer yang dapa dilihat dan disentuh secara fisik. Hardware atau perangkat keras ini terbagi menjadi 3 bagian antara lain :

  • Input Device (Perangkat Masukan), adalah hardware yang digunakan untuk memasukkan intruksi dari pengguna komputer (user). Contohnya sebagai berikut :
1. Mouse

Mouse adalah sebuah hardware yang berfungsi untuk menggerakan kursor, melakukan scroll, klik kiri, dan klik kanan. 
2. Keyboard

Keyboard adalah sebuah hardware yang penuh dengan tombol - tombol yang mewakili huruf, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. 
3.  Webcam
Webcam adalah sebuah hardware berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan diatas monitor/LCD.  Fungsinya adalah untuk panggilan video (Video Call) dan foto (Selfie) di depan komputer. Setiap laptop pasti memiliki webcam.
4. Joystick
Joystick adalah sebuah hardware berbentuk seperti tuas mobil atau stick konsol. Fungsinya adalah untuk bermain game. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer windows karena sama - sama buatan microsoft.
5. Barcode Scanner

Barcode Scanner adalah alat yang berupa genggaman dan berisi laser bewarna merah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis - garis yang terdapat di kemasan sebuah produk swalayan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.
6. Scanner
Scanner adalah sebuah hardware yang berfungsi untuk mengbah data analog (kertas) menjadi data digital. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.
7. Pemindai Sidik Jari

Pemindai sidik jari adalah sebuah hardware yang dapat memindai sidik jari dan menampilkannya di komputer. Hardware ini biasanya berfungsi untuk alat pengaman komputer.
8. Mikrofon

  Mikrofon adalah sebuah harware yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. 
9. Kinect

 Kinect adalah salah satu merk dagang microsoft yang berupa sensor gerak. Hardware ini biasa digunakan untuk bermain game.
10. Flashdisk
Falshdisk adalah seuah hardware/perangkat masukan tidak langsung.Fungsinya sebagai input device adalah untuk memasukkan data ke dalam komputer. Data ini tidak dapat langsung digunakan tanpa software tertentu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar